Kamis, 06 Oktober 2016

Taman Digital Akses Dunia Virtual Penuh Pengetahuan

Sudah tidak asing lagi dengan koneksi internet yang menyatukan berbagai jarak dengan cara yang unik jauh menjadi dekat, dekat menjadi lebih dekat lagi karena hanya dibutuhkan hal sederhana sebagai salah satu contohnya adalah "Internet", bukan hal yang mustahil lagi bagi seseorang mengirimkan sebuah pesan dalam waktu yang cukup lama, dengan berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi maka hal tersebut menjadi lebih mudah.

Indonesia merupakan negara dengan populasi penduduk lebih kurang 258 juta jiwa pada tahun 2016 saat ini dengan 34 propinsi, terdiri dari 13.466 pulau. Indonesia merupakan negara ke empat (4) yang terbanyak penduduknya di dunia. Beragam budaya ada semuanya, oleh karena banyak sekali julukan yang diberikan oleh Dunia kepada Indonesia seperti Negara Seribu Candi, Macan Asia yang Tertidur, Heaven Earth, Negara Maritim, Jamrud Khatulistiwa, Paru-paru Dunia dan lain sebagainya. Indonesia untuk saat ini belum secara keseluruhan tersentuh Teknologi Informasi dan Komunikasi, hal ini diakibatkan tingkat perekonomian dan juga jarak pantauan.
Apa itu Teknologi Informasi dan Komunikasi ? 
Tentunya hal ini menjadi pertanyaan, yang dimaksud teknologi Informasi dan Komunikasi adalah payung besar yang mencakup seluruh Peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi, secara sederhana adalah teknologi yang berkembang dari waktu ke waktu contohnya adalah komputer, internet, smartphone.

TIK (Teknologi Informasi & Komunikasi) sudah dipelajari sejak SD (Sekolah Dasar) hingga SMA (Sekolah Menengah Atas) dengan tingkat kesulitan masing-masing. Ternyata TIK tersebut tidak harus Teori saja namun perlu adalanya banyak praktek yang dilakukan untuk menyeimbangkan keseragaman teknologi. Mungkin sebagian sudah mengetahuinya, namun bagaimana dengan orang-orang yang tidak tersentuh dunia pendidikan ? sehingga mereka tidak mengetahui apa itu teknologi informasi dan komunikasi.

Manfaat serta tujuan untuk mempelajari Teknologi Informasi dan Komunikasi bisa diuraikan beberapa point di bawah ini. :
1. Menyadarkan kita pentingnya perkembangan teknologi dari waktu ke waktu karena semua itu akan berputar ke masa depan (Keep Moving Forward)
2. Untuk mengembangkan kemampuan dalam belajar mandiri, kreatif, inovatif, dalam teori serta penerapan teknologi di kehidupan sehari-hari.
3. Memudahkan berbagai pekerjaan dengan cepat.
4. Jendela pengetahuan yang terbuka lebar untuk siapa saja, dimanapun dan kapanpun tanpa harus mengeluarkan materi yang banyak.
5. Arus globalisasi yang tinggih memaksa harus tau karena jika tidak akan tertinggal.
Apa salah satu langkah pemerintah untuk membuat Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam bentuk sarana ?
Membuat Taman Digital
Berbicara mengenai Taman Digital maka akan dihubungkan dengan internet. Kenapa begitu ? Karena internet merupakan jendela ilmu yang bisa didapatkan dan pastinya hanya memerlukan kemauan untuk belajar pasti bisa mendapatkan informasi dengan cepat di internet. Sekilas mengenai Internet dan sejarahnya.
Internet merupakan jaringan komputer yang pertama sekali dibentuk oleh Amerika Serikat pada tahun 1969 melalui proyek ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), pada awalnya internet digunakan untuk kebutuhan militer namun setelah berganti waktu ke waktu internet mulai masuk ke umum hingga pada tahun 1990 internet digunakan secara meluas. 
Apa yang terdapat di internet? Di dalam internet terdapat media seperti tulisan, informasi, data, abstrak, dan kebutuhan yang berbau informasi.
Dengan kemajuan internet di dunia terkhusus di Indonesia digalakkan untuk membuat taman digital/akses internet secara gratis tentunya. Sudah banyak pemerintah kota kota besar di indonesia yang bekerja sama dengan provider-provider terkait untuk membentuk taman digital dengan berbagai titik di 1 kota.

Namun hal ini masih belum merata di seluruh Indonesia, banyak faktir yang menjadi kendala, seperti perangkat untuk mengakses, provider yang belum masuk ke 1 wilayah terpencil, dataran yang tidak lurus (berbukit/bergunung). Harapannya mudah mudahan taman digital bisa merata sehingga orang-orang bisa merasakan teknologi informasi dan komunikasi lebih dekat.

Terima kasih telah membaca artikel taman digital akses dunia virtual penuh pengetahuan, ilmu didapat dimana saja tidak disatu tempat, semakin banyak membaca semakin tahu dan silahkan dibagikan kepada teman-teman yang lainnya.



0 komentar:

Posting Komentar