Jumat, 07 Oktober 2016

Membangun Indonesia melalui Teknologi Informasi dan Komunikasi

Membangun Indonesia melalui Teknologi Informasi dan Komunikasi - ( Aku, Negeriku dan TIK )

Bintang ... Dulu aku hanya melihatmu berkelip-kelip semata"  
Aku hanya menduga kau! itu hanya kunang-kunang yang beterbangan" 
Bintang ... Aku hanya berkata 
Adakah teknologi yang bisa sampai untuk mencapaimu ? 
Sungguh aku tertegun ... memikirkan ... terpana ... 
Semua berubah ... 
Kini aku bisa melihatmu ... 
Ternyata kau bukanlah kunang-kunang. 
Aku tersenyum ... Impianku tercapai.
Teknologi Kucapai.
Barisan puisi yang tercipta di atas bukanlah sesuatu yang "wow", karena hanya pikiran dan apa yang aku rasakan saat diri memikirkan kemajuan teknologi yang belum pernah aku lihat. Dulunya Aku adalah seorang anak SD (Sekolah Dasar) yang setiap kali hari senin selalu menanti-nantikan mata pelajaran yang aku tunggu yaitu TIK (Teknologi Informasi & Komunikasi), sungguh entah apa yang ada di dalam benakku saat itu hanya ingin mempelajari berbagai macam hal mengenai teknologi bahkan aku mencari orang yang bersedia untuk menceritakan apa teknologi itu dan bagaimana cara kerjanya. Maklum aku hanyalah anak desa yang jauh di pedalaman, semua itu kulakukan untuk melihat serpihan kelip-kelip yang terus saja mengusik kepalaku.
teknologi dan komunikasi


Hal ini mengusik pikiranku. Saat itu Guru mengatakan :
Informasi itu adalah sesuatu yang penting sekali, karena dengan informasi seseorang dapat menemukan fakta & data. Apalagi dipadukan dengan teknologi yang bisa membuat seseorang bisa mendapatkan informasi lebih cepat seperti contohnya kemajuan "Internet", "Smartphone" yang saat ini telah menjadi kabar gembira bagi para pencari pengetahuan.
Aku hanya tertegun diam dan tak percaya karena aku hanyalah seseorang yang berada di pedalaman hingga suatu ketika aku mendapati seseorang yang berasal dari kota datang ke desa untuk meneliti. Aku bertemu mereka ketika bercerita mengenai Teknologi dan aku dengan serius menjawab "internet", tanpa tau apa yang dimaksud. Mereka tertawa ketika aku mengatakannya dan dengan nada pelan dan malu aku menanyakannya.
"Jadi apa itu internet dan Teknologi Informasi & Komunikasi ?"
 Teknologi Informasi dan Komunikasi seluruh hal yang mencakup dalam peralatan untuk memproses informasi yang informasi tersebut didalam dengan cepat. Nah, dengan kata lain adalah segala sesuatu kegitan yang di dalamnya ada proses, manipulasi, pengelolaan serta pemindahan informasi antar media yang ada. Nah, internet adalah perkembangan dari teknologi Informasi digabung degnan Komunikasi yang diakses dengan komputer.

Aku hanya menjawab "Oooo", karena belum mengerti dengan hal tersebut. Mereka mengatakan "komputer", dan aku menanyakan kembali apa itu komputer ? Lalu mereka menjawab apa tidak ada pelajaran TIK di sekolah kami dik ? dengan Tegas aku menjawab. "Ada!!!, aku sangat menyukainya. Tapi nggak ada komputernya"
"Baiklah, kami akan mengajarkan teknologi informasi & komunikasi kepada kamu dan teman teman yang lainnya. Karena pentingnya untuk Membangun Indonesia melalui Teknologi Informasi dan Komunikasi."
 Teknologi Informasi & Telekomunikasi bisa diterapkan pada beberapa hal :

1. Dalam dunia pendidikan  >>  Untuk mempermudah pekerjaan dan menambah minat dari orang yang mempelajarinya serta meningkatkan mutu pendidikan bisa dilakukan dengan teknologi informasi dan komunikasi seperti teknologi yang sering ditemui audi/data, video, serta internet. Internet merupakan penerapan yang cocok untuk mempermudah proses belajar seperti menggunakan E-learning (Jarak Jauh) dalam belajar, jadi tidak perlu repot untuk menunggu berhari-hari untuk dalam pelajaran yang dipelajari atau materi yang akan diajarkan.

2. Dalam Bidang kesehatan  >> Sehat merupakan sesuatu yang menyenangkan, contoh penerapan yang bisa dilakukan TIK dalam bidang kesehatan ini adalah robot yang digunakan untuk membantu proses operasi sehingga lebih cepat dan akurat karena data sudah disimpan di dalam robot tersebut.

3. Dalam Bidang Bisnis  >> Teknologi Informasi & Komunikasi merupakan sesuatu yang penting dalam bisnis, di jaman sekarang sudah menggunakan email (Electronik Mail) surat elektronik yang merupakan perantara untuk mengirim media secara resmi. Jadi pemanfaatan internet sangat cepat disini.

4. Dalam Bidang Perbankan >> Banyak orang yang menabung di bank, tanpa teknologi Informasi & Komunikasi maka akan membuat banyak waktu terbuang, karena nasabah tersebut banyak sekali sehingga akan memperlama untuk mencari data yang sedang transaksi. Dengan adanya TIK maka akan mempermudah karena sudah menggunakan komputer.

Panjang lebar mereka menjelaskan hingga titik point yang membuat aku harus berfikir cepat karena aku adalah orang yang ingin mengejar serpihan kelip di langit yang setiap hari kulihat.
Apa harapan kamu untuk negeri kita terkait Membangun Indonesia melalui Teknologi Informasi dan Komunikasi ?
Aku menjawab dengan beberapa point dengan nada pelan dan cepat karena mereka tampak serius ingin mendengarkan harapanku sebagai anak dari pedalaman.

1. Ada internet di tempat tinggalku.
2. Ada komputer untuk akses internetnya
3. Ada perpustakaan baik itu digital ataupun buku biasa karena disini susah mencarinya.
4. Negeriku semakin jaya, dan lihat kami
5. Aku ingin melihat secara langsung daerah luar
6. Aku ingin mencapai kunang-kunang yang berkelip di malam hari karena sangat tinggi sekali.

Mendengar jawaban ke enam mereka tertawa terbahak-bahak dan aku malu. Lalu seseorang datang duduk menghampiriku dan menyuruhku untuk mengepalkan genggaman tanganmu dan berkata.
"Aku pemuda!!!"
"Aku harus bisa!!!"
 Setelah beberapa hari mereka meneliti keadaan desaku akhirnya beberapa bulan kemudian dibangunlah 1 tempat yang bisa digunakan untuk mencoba kemjuan Teknologi Informasi & Komunikasi dan akhirnya aku menemukan kunang-kunang tersebut yang merupakan bintang yang banyak bertebaran di angkasa.

Terima kasih sudah membaca artikel Pentingnya dan Harapan untuk Teknologi Informasi dan Komunikasi di ratakan di seluruh Indonesia karena nusantara memiliki berbagai keragaman yang harus disatukan walaupun jarak yang cukup jauh. Cerita di atas dibuat dengan gaya FIKSI namun menyampaikan pesan kepada bangsa Indonesia bahwa semuanya berhak mendapatkan teknologi informasi dan komunikasi.

0 komentar:

Poskan Komentar